Tentang Kejujuran

Kehidupan di kota besar pastinya sangat berbeda dengan kehidupan di desa… Mau tau apa aja perbedaan yang mendasar antara di kota dan desa ?

Pertama. Lebih damai. Hidup di desa itu pastinya lebih damai dan kebersamaan warganya akan jauh lebih terasa. Kita semua pasti ngerasain gimana rasanya pas saat kampanye capres dan cawapres 2014 kemarin. Kalo di kota… pastinya seringkali kita lihat adanya adu argumentasi dari si pendukung si A maupun si B.. udah gitu pake ngotot-ngototan segal. Kalo di desa …boro-boro mau adu argument…kita sendiri pastinya tidak pernah akan melihat antar warganya saling bertengkar satu sama lainnya. Apalagi kalo ngomongin masalah capres dan cawapres….. Selain itu kalo di kota, kita mau berngkat kerja aja udah pada rebutan kursi di bis metromini ataupun di kereta…mana pake pura-pura tidur pula agar tetep mendapatkan tempat duduk yang nyaman saat ke kantor naik metromini atau kopaja. Huff..hidup itu keras..pokoknya… beda ama di desa,, pagi-pagi berangkat kerja tinggal jalan, lewatin sungai nansejuk, trus bawa cangkul atau arit buat ambil rumput. Trus pas berangkat ke sawah juga bisa santi-santi dan sambil siul-siulan pula….

Kedua. Pekerja keras. Siapa bilang menjadi warga di desa itu bukan pekerja keras ? Kalo gak kerja keras…nanam padi, bajak sawah, ngasih makan ternak dan lain-lain, bagaimana mungkin mereka bisa hidup ? Tentu berbeda dengan di kota, kita masih bisa satai-santai, trus mikir ntar mau makan malam dimana ?..trus  maen fb an…maen game online..atau sekedar kongkow-kongkow ama teman-teman.  Jadi beda jauh ya perbedaannya kalo diperhatikan…

Ketiga. Gak harus beli. Jadi orang desa tentunya gak harus beli ini itu …terutama untuk makan dan kebutuhan sehari-hari. Mau makan…tinggal ambil beras hasil panen, Mau ikan….tinggal ambil di empang, Mau makan ayam atau telur…udah ada di kandang ayam…., mau masak udah pake kayu bakar..tinggal ambil…mau makan pake sayur apalagi..tinggal ke kebun ajah ambil bayem atau kangkung…hehehehe..enak banget yaa ? beda banget ama kehidupan di kota.. semuanya pastinya perlu beli dulu…ke supermarket… restorant atau apalah namanya….

Keempat. Makna kejujuran. Nah hal inilah yang paling penting dan harus kita pahami perbedaanya. Kalo orang desa itu pastinya lebih jujur dibadingkan orang kota…itu menurut pandangan saya yaa,,,meskipun tidak semua orang kota itu pembohong. Namun hal ini mungkin pernah kita semua alami. Misalnya lagi pergi ke desa…dan kita lagi nyari alamat rumah pak RT, pastinya kita akan dengan mudah dan akurat mendapatkan informasinya saat bertanya. “Misi pak…mau nanya, rumah pak RT dimana ya ? sambil menunjukkan arah tertentu biasanya kita akan diberika penjelasan yang tepat dan ramah. “Oh, rumah pak RT Sodikin ada disebelah sana mas, dari pengkolan itu mas belok kanan lalu ada rumah pagar hijau. Nah disitulah rumahnya mas” Kurang lebihnya pastinya jawabannya sangat membuat diri kita merasa nyaman dan senang mendengarnya. Coba bandingkan dengan di kota, saat kita ..”Mas. kalo ke toko A lewatnya mana ya? Jawabannya…jalan aja terus kedepan…nati disana bla..bla..bla..bla… Trus pas kita jalan kedepan dan mengikuti petunjuknya tadi ..ternyata malah membuat diri kita bingung harus kemana lagi dan akhirnya kita harus bertanya-tanya trus kepada orang yang kita jumpai. Ngeselin bukan ?

Yaa..itulah mengapa makna kejujuran itu sangat sulit kita temui di kehidupan di kota seperti saat ini. Saya harap kita semua juga harus bisa belajar dari kehidupan di desa tadi…sangat menarik bukan bila kehidupan di kota tetap bisa bermakna seperti di desa…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *